web stats

Cara Uninstall Microsoft Edge Windows 10

Uninstall Microsoft Edge – Microsoft edge adalah pengganti internet Explorer, yang mana IE ini merupakan produk cacat dan pada tahun 2015 diganti oleh Microsoft edge ini, muncul ke publik bersama dengan versi terbaru Windows yaitu Windows 10.

User telah membandingkan IE dengan Edge, dengan kesimpulan Edge tampaknya jauh lebih cepat dan lebih aman untuk digunakan, meskipun, lebih dari itu. Edge dibandingkan dengan browser modern lainnya dalam hal kualitas, seperti firefox dan Chrome, Microsoft Edge terbaru tetap tidak relevan untuk user.

Baca Juga : Cara Uninstall Bluestacks di Windows 10

Pada tahun 2018 mengumumkan microsoft fokus kepada browser edge versi Chromium yang kemudian diliris tahun 2020. Ini disambut baik oleh pengguna windows karena edge fokus kepada privasi dan ini lebih baik daripada chrome atau firefox. Bagi anda yang ingin download microsoft edge, bisa langsung di website resminya disini https://www.microsoft.com/id-id/edge

Namun kenyataannya tidak semua user windows mau menggunakan Microsoft Edge terbaru, apalagi microsoft edge ini selalu update dengan windows update terbaru. Inilah sebabnya mengapa orang banyak bersedia untuk uninstall microsoft edge windows 10 dari komputer mereka.

Terkadang browser microsoft edge di windows 10 juga mengalami error INET_E_DOWNLOAD_FAILURE, oleh karena itu banyak user yang tidak tahu cara menghapus microsoft edge ini. Dibawah ini kita coba ulas dengan beberapa langkah metode cara uninstall microsoft edge.

Cara Menghapus Microsoft Edge

Menghapus Microsoft Edge sendiri tidaklah sama seperti yang anda lakukan pada aplikasi lainnya melalui control panel atau pada Apps & features, dengan cara sedikit berbeda menggunakan PowerShell. Berikut caranya:

  1. Tekan Win + E untuk membuka File Explorer
  2. Buka tab View dan pastikan kotak Hidden items dicentangFile Explorer View
  3. Setelah itu masuk ke folder dibawah :
    C:\Program Files (x86)\Microsoft\Edge\Application
  4. Setelah masuk kedalam folder, klik IP 106.0.1370.42microsoft edge application
  5. Selanjutnya klik double pada folder 106.0.1370.42 dan setelah masuk kedalam folder pilih folder installermicrosoft edge application installer
  6. Sekarang klik File dan pilih select Open Windows PowerShell > Open Windows PowerShell as administratoropen windows powershell
  7. Selanjutnya, copy (Ctrl+C) dan paste (Ctrl+V) perintah berikut ke halaman PowerShell :
    setup.exe –uninstall –system-level –verbose-logging –force-uninstall dan jangan lupa tekan Enteradministrator Windows Powershell
  8. Setelah Anda menyelesaikan langkah diatas, MS Edge berbasis Chromium akan dihapus dari Windows Anda. Namun, kemungkinan akan diinstall ulang segera setelah Anda melakukan update pada Windows.
  9. Cek kembali setelah uninstall microsoft edge, apakah sudah terhapus sempurna.

Baca Juga : 8 Cara Screenshot Windows 10

Ganti Browser Web Default

Jika masalah utama dengan MS Edge adalah bahwa itu ditetapkan sebagai browser web default Anda (misalnya, jika Anda membuka link melalui aplikasi lain, Edge secara otomatis ke buka), maka tidak perlu uninstall microsoft edge.  Jika Anda belum menghapus browser MS Edge (dan Anda tidak ingin mengambil risiko dampak negatif pada kinerja komputer Anda) dan ingin mengatur browser lain sebagai default Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik kanan pada Start Pilih Apps and FeaturesApps and Features
  2. Selanjutnya pilih Default appsDefault apps
  3. Scroll down ke Web browser pada bagian bawah
  4. Klik pada MS Edge dan pilih browser yang ingin Anda setting sebagai default, misalnya Firefox.choose an app

Pertanyaan Seputar Microsoft Edge

1. Microsoft edge untuk apa ?

Microsoft edge merupakan aplikasi web browser yang dibuat oleh microsoft untuk berselencar menggunakan internet.

2. Apa fungsi microsoft edge ?

Microsoft edge dirancang, dibangun untuk membuka website yang anda inginkan

Leave a Comment