web stats

11 Cara Cepat Mengatasi Error 0x800f0831

Windows update error 0x800f0831 adalah notifikasi bug yang mungkin terjadi saat windows update. Sebagai pengguna Windows, mengalami error ini sangat tidak membuat kita nyaman. Kita mencoba membagikan cara atau metode dibawah ini untuk mengatasi error 0x800f0831.

Penyebab Error 0x800f0831

Windows Update error sering terjadi, dan tidak hanya error 0x800f0831. Ini termasuk kode error yang lainnya seperti 0x80070541, 0x80073712, 0x80070103, dan banyak lagi. Namun, sebagian besar error ini mudah untuk diatasi. Banyak pengguna windows melaporkan bahwa windows update menyebabkan error ini.

Jika cache pada Windows Store, Update Windows 10, perangkat lunak antivirus, file sistem yang rusak, langkah yang terbaik adalah menghapus data aplikasi dan cache.

Cara Mengatasi Error 0x800f0831

Meskipun tidak ada cara resmi dari microsoft untuk memperbaiki error 0x800f0831, kami akan melakukan yang terbaik untuk membantu Anda keluar dari error ini #asik.

Baca Juga Tutorial : 6 Cara Mengatasi Error code 0xc004f074

Melakukan update secara rutin di windows 10 anda sangat penting untuk menjaga kinerja dan keamanan sistem operasi windows. Jika Anda terus mendapatkan masalah di atas saat mencoba update windows, coba metode pemecahan masalah berikut dibawah ini :

1. Reboot

Jika Anda me-reboot komputer Anda sekarang itu akan membersihkan file dan memori sementara, me-refresh windows update service dan komponen windows update, dan menghentikan aktivitas apa pun yang menghabiskan banyak RAM.

Bahkan setelah Anda tidak menggunakan aplikasi, itu dapat mengakses memori Anda. Restart ulang komputer juga dapat memperbaiki masalah Windows dan bahkan error 0x800f0831.

2. Windows Update Troubleshooter

Anda dapat menggunakan windows update troubleshooter pada Microsoft Windows 10, jika Anda memiliki masalah dengan windows update 10. Windows update troubleshooter akan membantu mencari masalah apa pun yang menghentikan komputer Anda menginstal windows update terbaru seperti error 0x800f0831.

Tools yang disediakan oleh microsoft ini dapat melakukan berbagai update, termasuk membersihkan data cache, memperbahurui file windows, scanning update terbaru, dan banyak lagi.

Baca Juga : 6 Cara Cepat Mengatasi Error Code 0x8019019a

Anda bisa mengatur aplikasi melakukan update otomatis memperbaiki error 0x800f0831 atau melihat kemungkinan perbaikan dan memutuskan apakah akan menerapkannya atau tidak.

  1. Tekan “Windows” pada keyboard atau Tekan ikon Windows dan tekan “R.”windows + r
  2. Ini akan membuka file explorer di mana Anda dapat mengetik “control update” di kotak dialog perintah run dan tekan enter.run control update
  3. Klik “Troubleshoot” dan “Additional Troubleshooters.”Troubleshooters
  4. Selanjutnya, klik “Windows Update” dan “Run the Troubleshooter.”Run the Troubleshooter
  5. Pada no 5 ini, troubleshooter akan secara otomatis memilih dan memperbaiki error di PC Anda. Setelah selesai, Anda dapat mem-boot ulang dan memeriksa apakah Anda mengalami kesalahan yang sama.Troubleshooting has completed
  6. Setelah itu restart komputer anda, cek kembali errornya. Apabila masih error.. coba lagi langkah dibawah ini.

3. Restart Windows Update Service

Update Windows 10 adalah fitur penting dari Windows. PC Anda dapat meng-update secuirty yang terbaru, perbaikan bug, dan update driver terbaru.

Ini dapat menjadi rusak atau rusak seiring waktu, jadi Anda harus memulai ulang untuk mendapatkan awal yang baru. Selain itu, restart Windows Update Service dapat membantu menyelesaikan masalah paket pembaruan sebelumnya.

Ketika Anda mengalami masalah dengan layanan Microsoft, Anda mungkin juga mendapatkan error 0x800f0831. Untuk memperbaiki error 0x800f0831, restart Windows 10 update service dan kita lihat apakah menyelesaikan masalah anda.

  1. Buka command prompt. Untuk melakukan ini, tekan tombol “Windows” dan tekan huruf “R.windows + r
  2. Ketik “cmd” di baris perintah. Tekan tombol “ctrl dan shift” secara bersamaan dan tekan “Enter.” Pilih “OK” untuk memberikan izin administrator.cmd
  3. Pada command Prompt, ketik perintah berikut satu per satu dan ketik “Enter” setelah ketik perintah.
    net stop wuauservnet stop cryptSvcnet stop bitsnet stop msiserverren C:\\Windows\\SoftwareDistribution SoftwareDistribution.old

    ren C:\\Windows\\System32\\catroot2 Catroot2.old

  4. Selanjutnya, Anda harus menghapus file tertentu dengan melakukan langkah-langkah berikut. Di halaman command prompt yang sama, ketik perintah berikut dan tekan enter setelah setiap perintah:“%ALLUSERSPROFILE%ApplicationDataMicrosoftNetworkDownloaderqmgr*.dat”cd /d %windir%system32

    Restart BIT via CMD

    Setelah memasukkan perintah di atas, kita harus me-restart semua Background Intelligent Transfer Service (BITS) melalui halama command prompt. Jangan lupa tekan enter setelah mengetik setiap perintah.

    • regsvr32.exe oleaut32.dll

    • regsvr32.exe ole32.dll

    • regsvr32.exe shell32.dll

    • regsvr32.exe initpki.dll

    • regsvr32.exe wuapi.dll

    • regsvr32.exe wuaueng.dll

    • regsvr32.exe wuaueng1.dll

    • regsvr32.exe wucltui.dll

    • regsvr32.exe wups.dll

    • regsvr32.exe wups2.dll

    • regsvr32.exe wuweb.dll

    • regsvr32.exe qmgr.dll

    • regsvr32.exe qmgrprxy.dll

    • regsvr32.exe wucltux.dll

    • regsvr32.exe muweb.dll

    • regsvr32.exe wuwebv.dll

    • regsvr32.exe atl.dll

    • regsvr32.exe urlmon.dll

    • regsvr32.exe mshtml.dll

    • regsvr32.exe shdocvw.dll

    • regsvr32.exe browseui.dll

    • regsvr32.exe jscript.dll

    • regsvr32.exe vbscript.dll

    • regsvr32.exe scrrun.dll

    • regsvr32.exe msxml.dll

    • regsvr32.exe msxml3.dll

    • regsvr32.exe msxml6.dll

    • regsvr32.exe actxprxy.dll

    • regsvr32.exe softpub.dll

    • regsvr32.exe wintrust.dll

    • regsvr32.exe dssenh.dll

    • regsvr32.exe rsaenh.dll

    • regsvr32.exe gpkcsp.dll

    • regsvr32.exe sccbase.dll

    • regsvr32.exe slbcsp.dll

    • regsvr32.exe cryptdlg.dll

  5. Setelah semua perintah dimasukkan, kita harus me-reset Windows Socket dengan mengetikkan perintah berikut. Sekali lagi, pastikan untuk menekan Enter setelah memasukkan perintah.netsh winsock reset
  6. Sekarang kita sudah menghentikan Windows 10 Update services, hidupkan kembali untuk merefeshkannya. Ketik perintah berikut di halaman command prompt.
    net start wuauserv
    net start cryptSvc
    net start bits
    net start msiserver
  7. Tutup halaman Command Prompt dan restart komputer Anda. Setelah komputer nyala kembali, coba cek lagi, apakah Windows Error 0x800f0831 telah diperbaiki.

4. Run the Windows System File Checker (SFC)

Windows SFC adalah tools bawaan yang disediakan windows untuk memeriksa apakah ada file yang rusak atau hilang. SFC memverifikasi semua file sistem Windows yang diamankan dan memperbarui file sistem lama yang rusak atau dimodifikasi dengan versi yang terbaru. Melakukan metode ini berpotensi memperbaiki file yang rusak yang menyebabkan errpor 0x800f0831.

  1. Tekan “Windows,” tekan “R,”windows + r
  2. Ketik “cmd” di baris perintah run. Tahan tombol “ctrl dan shift” bersama-sama dan tekan enter untuk memilih Command Prompt. Tekan enter pada jendela berikutnya untuk memberikan izin administrator.cmd
  3. Ketik “sfc / scannow” pada command prompt dan tekan enter. SFC sekarang akan memeriksa file windows update terbaru yang rusak. Tunggu SFC untuk menyelesaikan scanning dan restart komputer. CMD SFC SCANNOW
  4. Pastikan untuk me-restart komputer Anda. Jalankan Windows update tool dan periksa apakah akhirnya memperbaiki error  0x800f0831. 

5. Deployment Image Servicing and Management (DISM)

Jika Windows SFC masih tidak dapat memperbaiki error 0x800f0831 di komputer Anda, Anda dapat menggunakan tools DISM untuk menjalankan “DISM online cleanup image” dan memperbaiki file yang corrupt. DISM dapat mengupdate media instalasi Windows selain dapat memindai dan memperbaiki gambar Windows.

  1. Akses tool ini dengan menekan tombol “Windows” tekan “Rwindows + r
  2. Ketik “cmd” di baris perintah run. Tahan kedua tombol “ctrl dan shift” bersama-sama dan tekan enter. Tekan enter pada keyboard Anda ketika Anda melihat jendela berikutnya untuk memberikan izin administrator.cmd
  3. ketik “DISM.exe /Online /Cleanup-image /Restorehealth” dan kemudian tekan “enter“.DISM
  4. Setelah itu coba restart kembali komputer atau PC anda, cek kembali error 0x800f0831

6. Disable Proxy

Jika Anda menggunakan konfigurasi server Proxy yang tidak bisa digunakan, Anda pasti akan mendapatkan masalah Windows 10 dengan komunikasi dengan server Windows. Mengikuti langkah-langkah ini akan memungkinkan Anda untuk menonaktifkan pengaturan Proxy:

  1. Tekan Windows + R untuk membuka Run Command.windows + r
  2. Di kotak dialog, ketik inetcpl.cpl dan tekan OK.inetcpl.cpl
  3. Setelah itu Internet Properties, cari tab connections .internet properties
  4. Buka LAN settings.
  5. Centang kotak Automatically detect settings.
  6. Di bawah Proxy Server settings box, biarkan kotak centang kosong tidak dicentang.LAN settings

7. Restart Background Intelligent Transfer Service (BITS)

Background Intelligent Transfer Service (BITS) Microsoft adalah fitur penting di Windows 10 yang harus diaktifkan agar Anda dapat mendownload dan menginstal update Windows 10 terbaru.

Ketika Windows Update Services seperti layanan penginstal MSI berhenti bekerja, BITS memungkinkan komputer Anda menampilkan pesan error.

Error 0x800f0831 terkadang disebabkan oleh masalah dengan layanan penginstal MSI atau BITS. Untuk memperbaiki masalah secara permanen, Anda harus restart ulang atau register BITS-nya lagi.

  1. Tekan tombol Windows + R pada keyboard Anda untuk membuka kotak dialog.windows + r
  2. Ketik “services.msc” di kotak dialog dan tekan Enter.services.msc
  3. Temukan BITS dan kemudian klik dua kali untuk membuka propertinya.Background intelligent transfer service
  4. Selanjutnya, verifikasi bahwa BITS beroperasi dengan benar. Jika Anda menemukan itu tidak berfungsi dengan benar, klik tombol Start.
  5. Lanjutkan ke tab recovery dan pastikan bahwa kegagalan pertama dan kedua diatur ke Restart service.

8. Install Paket KB

  1. Periksa Jenis Sistem yang dijalankan komputer Anda dengan menahan “Windows Key + Pause Break.” Ini akan memunculkan jenis Sistem Operasi Anda.About PC
  2. Cari tahu kode Windows Update apa yang perlu Anda donwload. Klik tombol download dan instal. Buka Windows Update tool dan salin update kode yang menunjukkan pesan kesalahan. Silakan lihat contoh di bawah ini:Windows update KB5000802
  3. Buka katalog Microsoft Update ketika Anda telah mengamankan kode untuk Windows 10 update yang tertunda. Setelah Anda berada di situs web, ketik kode di pencarian, download dan instal Windows updates setup secara manual dari hasil pencarian.microsoft update catalog
  4. Temukan file yang sesuai untuk sistem operasi Anda. Perhatikan bahwa sistem berbasis x64 berarti untuk OS 64-bit, dan sistem berbasis x86 untuk OS 32-bit.

9. Reset the Network Configuration

  1. Tahan tombol ” Windows ” dan tekan ” Rwindows + r
  2. Ketik “cmd” di baris perintah run. cmd
  3. Sekarang kita akan mulai mengatur ulang Winsock. Ketik perintah berikut di halaman CMD dan tekan enter setiap setelah perintah:
    type netsh winsock reset
    netsh int ip reset
    ipconfig /release
    ipconfig /renew
    ipconfig /flushdns
  4. Ketik “exit ” di command prompt, tekan “enter ,” dan restart komputer Anda setelah Anda selesai menjalankan perintah ini. Periksa apakah masalah “no internet, secured” masih terjadi.

10. System Restore

Langkah terkahir, jika sembilan langkah terakhir diatas semua gagal dan masih ada error 0x800f0831. Anda dapat mengembalikan sistem operasi Anda ke pengaturan awal. Ini dapat membantu Anda memperbaiki error ini.

Pastikan Anda telah menyimpan semua file Anda ke penyimpanan USB, penyimpanan cloud, atau perangkat penyimpanan eksternal lainnya sebelum mencoba melakukan system restore. Setiap perubahan pada komputer Anda akan dihapus selama proses system restore.

  1. Download Media Creation dari situs web Microsoft.
  2. Jalankan Media Creation Tool untuk membuat media instalasi Windows (Anda dapat menggunakan drive USB yang dapat di-boot atau CD/DVD).
  3. Boot PC dari disk atau drive USB yang dapat di-boot.
  4. Selanjutnya, konfigurasi bahasa, metode keyboard, dan waktu. Pilih Repair komputer Anda.
  5. Pergi ke Pilih option. Pilih Troubleshoot dan Advanced options. Terakhir, pilih System Restore.
  6. Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan System Restore. Setelah itu boot ulang dan cek kembali errornya

11. Aktifkan .NET Framework 3.5

Terkadang ketika Anda menemukan error ini, saat melakukan update, Anda mencoba memeriksa apakah .NET framework 3.5 sudah diaktifkan. Pilih menu Fitur Windows untuk memeriksa apakah .NET framework 3.5 diaktifkan.

Kesimpulan

Jika Anda menemukan error 0x800f0831 atau pesan kesalahan apa pun, tetap tenang. Ingatlah bahwa semua error pada Windows dapat dengan mudah diatasi, asalkan Anda mengikuti metode yang benar untuk memperbaikinya. Terlepas dari penyebabnya, apakah karena file yang rusak, atau security Windows yang bermasalah, salah satu metode pemecahan masalah kami akan memperbaikinya.

 

 

Leave a Comment