web stats

6 Cara Mengatasi Error 0x80070643 di Windows 10

0x80070643 – Mendapatkan update terbaru untuk komputer Windows 10 Anda sangat penting. Update memastikan bahwa sistem Anda berjalan dengan aman yang memiliki fitur-fitur terbaru.

Baru-baru ini, ada banyak laporan dari user Windows 10 tentang mendapatkan Windows Update Error 0x80070643. Error ini muncul setiap kali Windows Update Tools mencoba mendownload update terbaru atau setiap kali pengguna mencoba menginstall program baru.

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Error Code 0x80070002

Berikut adalah beberapa pesan yang memperlihatkan error :

Windows Update Error:

0x80070643 kb2267602

Program Installation Error:

0x80070643 - Fatal Error during Installation

Hari ini, kita akan membahas cara terbaik untuk memperbaiki Windows update error 0x80070643 untuk Windows update dan instalasi program. Semua cara dibawah ini, kami rekomendasikan cukup singkat dan mudah diikuti dan jika salah satu tidak memperbaiki masalah, Anda dapat melanjutkan dengan yang berikutnya, selamat mencobanya.

Baca Juga : 6 Cara Mengatasi Error 0xc000021a Windows 10

1. Updated NET Framework

Salah satu alasan umum mengapa error 0x80070643 muncul adalah .NET Framework komputer Anda rusak atau corrupt. Dalam hal ini, Anda dapat dengan mudah memperbaruinya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka situs web Microsoft .NET Framework dengan mengklik di sini.dot net framework
  2. Setelah Anda mendownload file installer untuk .NET Framework terbaru, lanjutkan dengan menginstall dan ikuti petunjuknya sampai selesai.install dot net framework
  3. Setelah berhasil menginstall .NET Framework terbaru, restart komputer anda dan jalankan Windows update tool dan cek kembali error 0x80070643

2. Disable Windows Defender

Ada kasus di mana Windows Defender / Security memblokir update yang terbaru dan muncul error 0x80070643. Dalam hal ini, Anda cukup menonaktifkan Windows Defender/Security dan jalankan kembali Windows update tool.

  1. Buka Windows Defender dengan mengklik tombol Windows dan ketik Windows Security dan tekan Enter pada keyboard Anda atau klik open di bawah ikon Windows Security.windows security
  2. Di halaman Windows security, klik Virus & Threat ProtectionVirus & Threat Protection
  3. Di halaman berikutnya, klik Manage Settings di bawah Virus & Threat Protection Settings dan nonaktifkan opsi berikut:
    Real-time Protection
    Cloud-delivered Protection
    Automatic Sample Submission
    Tamper Protectionvirus & thereat protection settings

3. System File Checker (SFC)

Alasan umum lainnya mengapa pesan error muncul saat update Windows 10 atau menginstall program baru adalah mungkin ada file sistem penting yang corrupt atau rusak. SFC adalah tool bawaan di Windows 10 yang dapat scanning dan memperbaiki file yang rusak di komputer Anda.

  1. Tekan tombol Windows lalu tekan huruf Rwindows + r
  2. Ketik cmd di kotakk perintah run. Tahan tombol ctrl + shift secara bersamaan dan kemudian tekan Enter. Klik OK di halaman berikutnya untuk memberikan izin administrator.cmd
  3. Di Command Prompt, ketik sfc /scannow dan tekan “Enter”. Tunggu hingga scanning selesai dan ikuti petunjuk berikutnya untuk perbaikan error.sfc scannow
  4. Setelah SFC selesai scanning dan memperbaiki error 0x80070643, restart komputer Anda.

4. Update Manual Windows Security

Jika Anda memperhatikan, error 0x80070643 dikaitkan dengan update  Windows Defender. Dalam hal ini, Windows update tools tidak dapat mengupdate Windows security. Dengan mengupdate Windows security Anda secara manual, Anda tidak menggunakan windows update tool untuk update terbaru.

  1. Masuk ke website resmi microsoft security dan download versi yang sesuai untuk spesifikasi komputer Anda. Klik disinimicrosoft defender antivirus
  2. Setelah Download selesai, install update terbaru dan tunggu sampai sampai selesai.
  3. Restart komputer anda dan cek kembali error 0x80070643 apakah masih berlanjut.

5. Install Updates Manual

Jika ada lebih dari satu Windows update error bersamaan dengan error 0x80070643, Anda juga dapat mengikuti metode ini untuk memperbaikinya.

  1. Ketahui Jenis Sistem yang dijalankan komputer Anda dengan menekan tombol “Windows + Pause Break” untuk menampilkan jenis Sistem Operasi Anda.windows + pause
  2. Halaman sistem operasi yang anda gunakan system about device specifications
  3. Langkah selanjutnya adalah menentukan Windows update apa yang perlu Anda download dan install di komputer Anda. Buka Windows update tools dan salin kode update yang menunjukkan pesan error. Silakan lihat contoh di bawah ini:Windows update KB5000802
  4. Setelah Anda memiliki kode untuk Windows update, buka Katalog Microsoft update dengan mengklik di sini. Setelah Anda berada di web resminya, ketik kode di pencarian, download dan install update terbaru dengan manual.
  5. Temukan file yang sesuai untuk sistem operasi yang Anda gunakan. Ingat yaaa…. sistem berbasis x64 berarti untuk OS 64-bit dan sistem berbasis x86 untuk OS 32-bit.

6. Restart Windows Installer Service

Restart Windows Installer service juga dapat memperbaiki Windows update error 0x80070643 saat me-refresh service. Anda bisa melakukannya sendiri dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tekan tombol “Windows” dan tekan huruf “R windows + r
  2. Ketik “services.msc” di Kotak Run.services.msc
  3. Di halaman “Service“, cari di list service “Windows Installer” dan klik “Restart the ServiceWindows Installer
  4. Setelah restarting Windows Installer Service, Restart komputer dan jalankan Windows update tools untuk mengonfirmasi apakah error 0x80070643 telah diperbaiki.

Kesimpulan

Jika Anda menemukan Windows update error 0x80070643, baik melalui Windows update tools atau saat menginstall program baru, hal terbaik yang harus dilakukan adalah santai broh dan tidak usah panik. Ini hanya masalah yang bisa anda atasi sendiri dan dapat diselesaikan hanya dengan mengikuti metode yang kami sampaikan diatas.

Leave a Comment