web stats

5 Cara Mengatasi Error Code 0x80070002

Windows Update Error 0x80070002 adalah Error yang mungkin dialami banyak orang saat mengupdate PC mereka. Error ini dapat terjadi ketika ada file di komputer ada yang hilang atau rusak.

Meskipun terkadang Windows Update Tools telah berhasil mendownload update terbaru , error akan muncul ketika sudah mencoba menginstall update yang terbaru.

Untungnya, sebagian besar error yang terjadi dalam Windows Update Tools, cukup mudah untuk diperbaiki. Jadi, tidak perlu panik jika Anda mengalaminya.

Langkah-langkah untuk mengatasi Windows Update Error 0x80070002 cukup mudah. Anda bisa mengikuti panduan step demi step yang memberikan instruksi jelas dari setiap langkah.

Baca Juga : 6 Cara Mengatasi Error 0xc000021a Windows 10

1. Settingan Time and Date Harus Benar

Langkah terbaik perbaikan untuk setiap Windows Update Error termasuk error 0x80070002 adalah memastikan bahwa date and time komputer Anda sudah benar. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah sederhana ini:

  1. Buka kotak dialog run dengan menahan tombol “Windows” dan tekan “R“.windows + r
  2. Ketik “control” dan kemudian tekan “Enterrun control
  3. Cari “Date and Time” di Control Paneldate and time
  4. Selanjutnya Klik tab “Internet Timedate and time tab internet time
  5. Klik “Change Settings” di halaman berikutnya dan beri tanda centang pada opsi “Synchronize with an Internet time server” dan kemudian ketik yang berikut: “time.windows.com“.internet time settings
  6. Selanjutnya klik  “Update Now” dan kemudian klik “OK“. Restart komputer Anda dan jalankan windows update tools untuk mulai donwload update terbaru dan cek kembali apakah error 0x80070002 masih berlanjut.

Baca Juga : 6 Cara Mengatasi Error 0x80070643 di Windows 10

2. SFC (System File Scanner)

Jika komputer memiliki sistem file yang rusak atau hilang, maka Windows update tools tidak dapat menginstall update baru yang memiliki error 0x80070002. Anda bisa menggunakan tools bawaan dari Microsoft yang disebut Windows SFC atau System File Scanner untuk memperbaikinya. Tools ini akan melakukan scanning dan memperbaiki file sistem yang rusak atau hilang di komputer Anda.

  1. Tekan tombol “windows” pada keyboard Anda dan tekan “R” untuk membuka kotak dialog run.windows + r
  2. Ketik “cmd” di bidang dan kemudian tekan tombol “ctrl dan shift“. Di jendela berikutnya, klik “OK” untuk memberikan izin administrator.cmd
  3. Pada halaman command prompt ketikan perintah “sfc  /scannow” dan tekan Enter pada keyboard Anda untuk memulai proses scanning. Tunggu hingga selesai dan keluar dari jendela command prompt.sfc scannow
  4. Setelah scanning selesai, restart komputer Anda dan buka Windows update tools dan lihat kembali apakah error 0x80070002 masih berlanjut.

3. Gunakan Windows Update Troubleshooter Tool

Windows Update Troubleshooter adalah tools gratis bawaan dari Windows yang dapat membantu memperbaiki error yang disebabkan oleh file sistem yang rusak salah satunya error 0x80070002. Inilah cara Anda dapat menggunakan Windows Update Troubleshooter:

  1. Tekan tombol “Windows” dan “R” untuk membuka perintah run.windows + r
  2. Ketik “control” dan tekan Enter atau “OK“.run control
  3. Klik “Troubleshoot” yang terletak di bagian kiri dan klik “Additional TroubleshootersAdditional Troubleshooters Keyboard
  4. Klik “Windows Update” di halaman berikutnya dan klik “Run the TroubleshooterRun the Troubleshooter
  5. Tunggu proses scanning selesai dan setelah itu menampilkan daftar error yang diperbaikiTroubleshooting has completed
  6. Tutup troubleshooter dan restart komputer Anda. Setelah komputer Anda kembali, buka Windows update tooks dan konfirmasikan apakah error 0x80070002 telah diperbaiki.

4. Restart Windows Update Service

Restart service yang berhubungan langsung dengan Windows Update Tool telah terbukti memperbaiki windows update error termasuk error 0x80070002.

  1. Buka kotak dialog dengan menekan tombol “Windows” dan tekan “R“.windows + r
  2. Ketik CMD pada kotak dialog Run dan tahan tombol “shift + ctrl + enter” untuk membuka command prompt dengan izin administrator.cmd
  3. Ketik perintah di Command Prompt. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah Anda harus mengetiknya satu per satu dan pastikan Anda menekan Enter setelah setiap perintah.
    net stop wuauserv
    net stop cryptSvc
    net stop bits
    net stop msiserverNet Stop
  4. Setelah stop service, Anda harus mengaktifkannya kembali dengan mengetikkan perintah berikut di Command Prompt:
    net start wuauserv
    net start cryptSvc
    net start bits
    net start msiservernet start
  5. Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah di atas, restart komputer Anda dan cek kembali error 0x80070002.

5. Hapus Folder Software Distribution Untuk Perbaiki Error 0x80070002

Folder SoftwareDistribution mungkin menyimpan beberapa file yang rusak, yang mempengaruhi saat update pada windows anda. Menghapus folder ini dapat mengatasi Windows update error 0x80070002.

Untuk menghapus folder ini cukup ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Arahkan ke folder C:\Windows dengan mengklik My Computer atau This PC.
  2. Cari folder “SoftwareDistribution” dan hapus. SoftwareDistribution Delete
  3. Restart komputer atau PC Anda dan akses kembali Windows Update Tools. Anda akan segera melihat bahwa update terbaru didownload dan diinstall secara otomatis.

Kesimpulan 

PC yang selalu melakukan update pada waktunya akan berkinerja terbaik. Namun, akan ada kalanya pembaruan sederhana akan menjadi sulit. Untuk mengatasi Windows Update Error 0x80070002 bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan.

Metode solusi yang kami sampaikan diatas, diharapkan membantu menyelesaikan masalah. Pastikan untuk memeriksa panduan kami yang lain untuk windows udpate error lainnya .

Leave a Comment